Wednesday 7 March 2012

13 band indonesia yang memiliki nama yang unik


Sebuah nama merupakan identitas seseorang yang memiliki arti ataupun pembawaan dari nama tersebut. Namun untuk sebuah group musik, nama merupakan sesuatu yang bisa dijadikan salah satu faktor keberuntungan atau sesuatu yang bisa 'menjual'. Berikut nama-nama group musik yang memiliki keunikan tersendiri dan sedikit aneh, antara lain :
Pancaran Sinar Petromaks
Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (disingkat OM PSP) adalah grup musik dangdut humor asal Indonesia yang popular pada paruh akhir dekade 1970-an, terutama di kalangan mahasiswa. Grup musik ini seringkali tampil bersama-sama dengan Warkop pada masa jayanya. Selain sering memainkan dan memelesetkan lagu-lagu dangdut popular tahun 1960-an dan 1970-an (misalnya Siksa Kubur atau Seia Sekata), mereka juga dikenal dari lagu-lagu yang diciptakan sendiri, seperti Fatime dan Drakula. OM PSP dapat dianggap pelopor dangdut humor, subgenre yang masih disukai hingga sekarang. 


Pengantar Minum Racun
Orkes Moral Pengantar Minum Racun atau PMR adalah kelompok musik dangdut asal Indonesia yang terkenal di akhir tahun 80-an. Mereka terdiri dari Jhonny Iskandar (vokalis), Boedi Padukone (gitar), Yuri Mahippal (mandolin + cuk), Imma Maranaan (bass), Ajie Cetti Bahadur Syah (perkusi), Harri "Muke Kapur" (mini drum), dengan pimpinan Jhonny Iskandar yang juga dikenal dengan nama aliasnya Jhonny Madu Mati Kutu. Jhonny Iskandar lebih banyak dikenal oleh masyarakat karena penampilan khasnya yang selalu nyentrik dengan kaca mata berantainya. 
Pemuda Harapan Bangsa
Orkes Pemuda Harapan Bangsa Berdiri pada tahun 1996 tepatnya tanggal 26 Oktober Tahun 1996 di sebuah kampus Sekolah Tinggi Seni Rupa di Bandung yakni STISI. Awalnya grup PHB ini bernama Doa Ibu Tersayang Kepada Anaknya Tercinta Semoga Selamat Sampai Tujuan. Formasi PHB terkini setelah beberapa kali berubah adalah sbb: Nedi (Vokal), Ivan (Bass),Yoga (Gendang), Iman (Okulele), Ugo (gitar) dan Adul (Gitar). 

Kuburan Band
Kuburan Band adalah sebuah band beraliran Metal Hidrolik dari Bandung, Indonesia dibentuk pada 11 September 2001, bertepatan dengan insiden 911 dari segenap mahasiswa UNPAR dan terkenal berkat lagu-lagunya "Lupa Lupa/Tapi Ingat", "Fatamorgana/Pagi Semu" dari album BOOMING!!! Bee Are The Kill Young Pen Think Gun Thank. Nama band ini mungkin untuk sebagian orang membuat bulu kuduk mereka merinding. Namun ke'horor'an nama band ini di tutupi dengan tingkah laku para personil mereka yang jauh dari kesan horor. Dan itu membuat mereka memiliki nama band yang cukup unik. 
The Changcuters
The Changcuters merupakan sebuah grup musik asal Bandung, Indonesia. Grup musik yang dibentuk pada tahun 2005 tanggal 19 September ini beranggotakan Mohammad Tria Ramadhani alias Tria (vokalis), Muhammad Iqbal atau Qibil (backing vocal & gitaris), Arlanda Ghazali Langitan atau Alda (gitaris), Dipa Nandastyra Hasibuan atau Dipa (bassis), dan Erick Nindyoastomo alias Erick (drummer). Album pertamanya adalah Mencoba Sukses (2006) dan diikuti album kedua (repackaged) Mencoba Sukses Kembali dirilis pada tahun 2008. Band ini umumnya bergenre rock. mereka menamai aliran musik mereka a'la kita garasi rock n roll. 
Hancur Band
Hancur Band berdiri sejak tahun 2001. Album mereka dirilis dengan 8 lagu didalamnya. Hits single Hancur band adalah lagu Pengen Jadi Artis dan lagu Hancur. Personil Hancur Band : Agus Tonjol (Gitar), Rudi Q Think (Bass), Rivo Yus Helmy (Vokal), Ander Maulana Situmeang (Keyboard), Yudhi Rafly (Drum), Ncol (Gitar). 

Kangen Band
Kangen Band adalah grup musik dari Indonesia. Anggotanya berjumlah 6 orang yaitu Dodhy, Andika, Tama, Iim, Bebe, dan Izzy. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2005 di Lampung. Lagu populernya ialah Tentang Bintang,dan lagu adaptasi dangdutnya adalah Selingkuh. Oleh beberapa pihak yang iri dan tidak suka, band ini dianggap tidak berkualitas. Band ini dianggap tidak mempunyai musikalitas, meskipun begitu band ini cukup sering direquest oleh pendengar radio. 
Hijau Daun
Hijau Daun merupakan grup musik Indonesia yang berasal dari Teluk Betung, kota Bandar Lampung. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2008. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu Dide (vokal), Array (gitar), Arya (gitar), Denny (drum), Richan (bas). Album pertamanya adalah Ikuti Cahaya yang dirilis pada tahun 2008. Band ini umumnya bergenre pop. 

Gigi Band
Gigi Band resmi dibentuk pada tanggal 22 Maret 1994. Pada awalnya Grup Band ini terdiri atas Armand Maulana (vokalis), Thomas Ramdhan (bassis), Dewa Budjana (gitaris), Ronald Fristianto (drummer), dan Baron Arafat (gitaris). Nama "Gigi" sendiri muncul setelah para personilnya tertawa lebar mengomentari nama "Orang Utan" yang nyaris dijadikan nama band ini. Dengan latar belakang musik yang beda-beda, mereka menggabungkannya ke dalam satu musik yang menjadi ciri khas Gigi. Album perdana yang bertema "Angan" dilempar ke pasara dengan dukungan dari Union Artist/Musica.
Efek Rumah Kaca
Efek Rumah Kaca adalah grup musik indie yang berasal dari Jakarta. Terdiri dari Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal latar, bass), Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar). Mereka dikenal oleh para pecinta musik di Indonesia lagu-lagu mereka yang banyak menyentuh dan memotret keadaan sosial masyarakat di sekitar mereka pada semua tingkatan. Sampai sekarang, band ini sudah mengeluarkan dua buah album studio, yaitu Efek Rumah Kaca pada tahun 2007 dan Kamar Gelap pada tahun 2008. 

Endank Soekamti
Endank Soekamti adalah grup musik (band) asal Yogyakarta yang beranggotakan tiga personal: Ari (drum), Dori (gitar), dan Erik (bas dan vokal). Grup ini banyak menggunakan idiom punk dalam bermusik, meskipun tidak mengusung ideologinya. Lirik-liriknya terkesan "semaunya", kadang-kadang kasar, dan "nyeleneh", khas humor Yogyakarta. Nama grup musik ini diambil dari nama dua perempuan yang memiliki kesan dalam kehidupan personilnya. Kata "Endank Soekamti" dapat juga dianggap pelesetan dari idiom "enak sekali".
Asbak Band
Asbak Band merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang berdomisli di Jakarta. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2008. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu Arthur, Capoenk, Rully, Jezzy, Iman. Album pertamanya ialah Membuatmu Cinta Padaku dirilis pada tahun 2008. Grup musik ini umumnya bergenre rock.

SENDAL JEPIT
SENDAL JEPIT. Pada awal tahun 1992 lima orang remaja asal bandung berkumpul untuk menyatukan ketertarikan mereka pada musik rock dan bersepakat untuk membentuk suatu band, pada awalnya band yang kemudian diberi nama tersebut dikenal sebagai band yang meng-cover lagu-lagu dari beberapa band punk dan metal dari luar negeri. Kemudian pada tahun 1995, formasi solid pertama SENDAL JEPIT yang terdiri dari Andri (vokal), Randy aka El Tremorez (gitar/vokal), Maruli (Gitar/vokal), Toran (Bass), dan Ramdhan (Drum) memutuskan untuk merekam 4 buah lagu mereka sendiri, salah satu singel yang berjudul 'nina' membawa mereka ke level yang lebih tinggi dengan airplay yang tinggi oleh radio-radio kota bandung, singel lainnya 'Wrecked It Up' diikut sertakan dalam kompilasi 'masaindahbangetsekalipisan' yang dirilis oleh 40.1.24 records, dan singel 'Watch Around' diikut sertakan dalam kompilasi punk 'bandung's burning' yang dirilis oleh riotic records.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More